Astronot Temukan Planet Baru

Sejumlah astronom berhasil menemukan planet baru yang mengitari empat matahari. Planet tersebut berhasil ditemukan dua orang dari Planethunters.org yang bernama Kian Jek dari San Fransisco dan Robert Gagliano dari Arizona.

Mereka menggunakan laman internet untuk melihat kilatan cahaya yang disebabkan planet yang melintas di depan matahari induknya. Penemuan itu kemudian langsung dilanjutkan astronom profesional dengan menggunakan teleskop Keck dari Mauna Kea, Hawai.

Berdasarkan hasil pengamatan, planet tersebut lokasinya 5000 tahun cahaya dari Bumi. Penemuan lewat situs Planethunters.org menjadikan planet tersebut dinamai PH 1 yang mengacu pada Planet Hunter.

Dalam hal ukuran, PH 1 lebih besar dari Neptunus. Jika dibandingkan dengan Bumi, maka ukurannya lebih dari enam kali ukuran planet yang ditinggali umat manusia ini.

“Keempat bintang itu membuat lingkungan sekitar (planet) menjadi sangat rumit. Meskipun mereka berada di orbit yang stabil,” kata Dr Chriss Lintott dari Universitas Oxford kepada laman BBC.

Menurut dia, ada enam planet lain yang juga mengitari dua buah matahari, dan semuanya memiliki jarak yang berdekatan. Lintott menambahkan, kemungkinan itu berpengaruh pada bagaimana planet terbentuk di tempat lain.

Sumber: metrotvnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *