Bagi Mahasiswa, Yuk Atasi Masalah Keuangan

Bagi Mahasiswa, Yuk Atasi Masalah Keuangan

Dunia mahasiswa, kadang, bisa menyenangkan juga memilukan. Ada saja masalah yang dihadapi, mulai dari persoalan mata kuliah yang bikin pusing kepala, urusan dengan dosen yang biking tegang, percintaan, hingga keuangan. Hal-hal tersebut memang telah menjadi budaya yang identik dengan dunia kuliah.
Untuk urusan keuangan, enam poin berikut bisa menjadi solusinya:
1. Sisihkan sebagian uang bulanan
Anda yang mendapat jatah uang secara bulanan dari orangtua, ada baiknya untuk menyisihkan sebagian uang tersebut di awal bulan agar cukup untuk biaya hidup di minggu-minggu terakhir. Gunakan uang seperlunya dan jangan menghabiskan uang di minggu-minggu awal.
2. Hindari gengsi
Sebagai mahasiswa, Anda tentu juga ingin mencoba berbagai hal baru, seperti menu baru di restoran, film yang baru dirilis, atau nongkrong bareng teman-teman di mal. Hal-hal tersebut tidak dilarang selama Anda masih tetap dalam batasan wajar dan tidak berlebihan. Jika uang bulanan tidak cukup, tidak perlu setiap hari nongkrong, kan?
3. Hindari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan 
Gunakan uang dengan cermat dan belilah barang sesuai dengan apa yang kita butuhkan dan bukan apa yang kita inginkan.
4. Mulailah mencari pemasukan tambahan
Zaman sekarang, mahasiswa kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang aneh. Selain mendapatkan pengalaman, bekerja sampingan juga bisa menambah yang saku Anda.  Pilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan diri Anda, dan, yang paling penting, jangan sampai kegiatan ini mengganggu kuliah dan kegiatan lainnya yang menjadi prioritas.
5. Mulai menabung
Tidak perlu langsung dalam nominal yang besar, yang penting Anda bisa memulai kebiasaan baik ini secara kontinu sehingga hasilnya pun akan berdampak besar dikemudian hari.
6. Bersyukur
Segala sesuatu yang kita dapatkan tidak datang begitu saja, bersyukur mungkin jalan terbaik untuk mengucapkan rasa terima kasih dengan apa yang telah kita dapatkan selama ini. Anda tidak perlu merasa iri atau rendah diri karena teman yang lebih ‘beruntung’ dalam hal finansial dan jalani hidup sesuai kemampuan Anda.
Sumber: harianjogja.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation