Enam Bulan untuk Lima Menit

Enam Bulan untuk Lima Menit

imageSiapa sangka kalau film animasi 3D berdurasi lima menit yang bakal dirampungkan oleh  komunitas Blender Army Semarang (Berang) tercipta dari suatu proses panjang dan memakan waktu lama. Nggak percaya?
Buat menyelesaikan film animasi 3D pendek berjudul Super Berang mereka butuh waktu sekitar enam bulan. Seperti dituturkan oleh Mitsaq Husain, satu dari tiga animator yang menggarap proyek tersebut, proses penggarapan, ketelitian dan kecermatan mereka dalam memperhatikan detail gerakan dan emosi si tokoh sangatlah penting.
Setiap kru dalam tim tersebut bekerja sesuai tugas yang sudah dibagi berdasarkan kemampuan masing-masing, seperti konseptor, pembuat karakter tokoh, pembuat jalan cerita, penggambar dan animator.
Nah, dalam proses penggarapan animasi dengan komputer, cowok yang akrab disapa Aaq itu menuturkan bahwa untuk menggarap 1 detik gerak dalam film itu ia kudu membuat 24 frame gambar yang kurang lebih menghabiskan waktu sekitar empat jam. Dan dalam sehari ia menargetkan bisa merampungkan 48 frame alias 2 detik bagian film.
Menjiwai
Dituturkan oleh mahasiswa jurusan Teknik Informatika Udinus Semarang, penggunaan feeling atau kepekaan rasa sangat memengaruhi penampakkan emosi si tokoh.
”Maksudnya saat ingin menggambarkan tokoh yang sedang menangis berarti gerakannya harus benar-benar nampak menangis sehingga membuat penonton bisa ikut merasakan kesedihan. Dan untuk mengatur emosi tokoh itu nggak gampang. Si animator kudu benar-benar menjiwai emosi tokoh seperti apa yang sedang ia garap. Selain itu juga kudu banyak melihat referensi video animasi lain,” papar cowok yang mengaku jatuh hati pada animasi sejak usia TK.
Kendati demikian, diakui olehnya rasa puas dan bangga lantaran berhasil merampungkan suatu karya menjadi upah terbesar.
”Jerih payahnya bakal sebanding dengan kepuasan yang bakalan didapat pastinya. Apalagi kalau banyak yang mengapresiasi baik karya kita itu,” tandasnya.
 
Sumber: suaramerdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

  Next Post :